PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MELALUI PENDEKATAN "REMASEN"

Suparyana Suparyana

Abstract


Tujuan dari Pembinaan penyusunan KTSP melalui pendekatan "REMASEN" ini adalah tersusunnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dapat dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.

Metode pembinaan penyusunan KTSP melalui pendekatan religious, matematika, dan seni yang disingkat "REMASEN" . Pendekatan religious terdiri dari lima aspek, yaitu religious belief (aspek keyakinan), religious practice (aspek peribadatan), religious felling (aspek penghayatan), religious knowledge (aspek pengetahuan), dan religiuos effect (aspek pengamalan). Pendekatan matematika terdiri dari tiga aspek, yaitu berpikir kritis, sistematis, dan logis. Pendekatan seni terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek nilai keindahan, nilai pengetahuan, dan nilai kehidupan.

Hasil yang dicapai adalah satuan pendidikan dapat menyusun KTSP sesuai dengan kondisi nyata, kondisi ideal, potensi, dan karakteristik yang dimiliki, sehingga visi yang disepakati dapat dijadikan sebagai cita-cita bersama warga satuan pendidikan dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang, misi dapat memberikan arah dalam mewujudkan visi sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, tujuan satuan pendidikan merupakan gambaran tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan).


Keywords


Pembinaan, Religius, Matematika, Seni

Full Text:

PDF

References


Abdulloh Munir. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berkepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andi Hakim, N. (1980). Landasan Matematika, Jakarta : Bharata Aksara.

Erman, S dan Winataputra, U.S. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta : Universitas Terbuka.

Herman, H. (1990). Strategi Belajar Matematika, Malang : IKIP Malang.

Kemendiknas, (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Muhammad Riyadi, Fungsi musik dalam kehidupan manusia, https://muhamadriyadi333.wordpress.com/tentang-musik/fungsi-musik-dalam-kehidupan-manusia/

Oleh Fendik Hariadi pada 8 Mei 2011 pukul 5:18 , Bagaimana cara memandang keindahan sebuah karya seni?

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.

Seni - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suparyana Suparyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com