PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

Sugiarti Sugiarti, Sintha Sih Dewanti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis tentang pengaruh penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 siswa. Kelas VII E dijadikan kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pembelajaran dengan pendekatan PBL. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self confidence dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova) dan uji tukey. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model pembelajaran koopertaif tipe TPS memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence.

 



Keywords


Pengaruh, PBL, TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badudu, J.S. dan Sutan Mohammad Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Dewanti, Sintha Sih. 2010. Handout Psikologi Belajar Matematika. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempratikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Grasindo.

Marsa, Bernando Satria. 2014. Skripsi: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa. UNILA Bandar Lampung: Tidak Diterbitkan.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM [Online]. Tersedia: www.nctm.org/standards/overvie.htm/. Diakses 14 Maret 2017.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Poedjiadi, Anna. 2010. Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka.

Rondonuvu, L.F. 2013. Skripsi: Hubungan antara Persepsi Komunikasi Internasional Remaja dalam Keluarga dengan Kepercayaan Diri Remaja. FH BINUS: Tidak Diterbitkan.

Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Saefuddin, Asis dkk. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Rosda.

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Berpikir Kritis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Slavin, E Robert. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudrajat, D. 2008. Program Pengembangan Self Efficacy Bagi Konselor di SMA Negeri Se-Kota Bandung. UPI: Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trends in International Mathematics and Science Studies (TIMSS). 2011. Overview TIMSS and PIRLS 2011 Achievement. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu/. Diakses 5 Februari 2017.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wardhani, Sri. 2010. Implikasi Karakteristik Matematika dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer , Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sugiarti Sugiarti, Sintha Sih Dewanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com