ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KVISOFT DIPADUKAN DENGAN GEOGEBRA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER
Abstract
Ada beberapa cara agar pembelajaran berkualitas yaitu ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran memiliki peranan penting karena dapat mempemudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang tidak menarik menjadi menarik. Media belajar mandiri pada era kemajuan teknologi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan media berbasis teknologi pada mata kuliah Program linier yang bersifat menarik, efektif, mandiri dan efisien. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Program Linier Semester lima Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mutimedia berbasis kvisoft flipbook maker yang dipadukan dengan Geogebra dibutuhkan sebagai media pembelajaran yang menarik, efektif, mandiri dan efisien dalam meningkatkan pemahaman pada mata kuliah Program Linier
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fahmi, S. (2014). Pengembangan multimedia macromedia flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal AgriSains, 5(2).
Frangenheim, E, (2005), Reflection on Classroom Thinking Strategies: Practical Strategies to Encourage Thinking in Your Classroom, London: Paul Chapman Publisihing
Gunawan, Dedi, (2010), Modul Pembelajaran Interaktif Elektronik Dasar untuk Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8, Jurnal Komuniti Vol.2 No.1:Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta
Majid, A, (2008), Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Nation, I. S.P. & John Macalister, (2010),Language Curriculum Design, NewYork & London : Routledge
Nazeri, (2013), Penggunaan E-Flipbook dalam topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Penggunaan Bentuk dan Teknologi PISMP RBT, Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur
Prastowo, A, (2012), Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta:Diva Press
Prastowo, A, (2013), Pengembangan Bahan Ajar Tematika, Yogyakarta:Diva Press
Ramdania, Diena Randa, (2013), Penggunaan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Bandung :UPI
Sakat, A.A, Mohd. Zin, M.Z., Mohammed, R., Ahmad, A. Ahmad, H.A, and Karno, M.A, 2012. Educational Media Technology in Teaching and Learning Method in Progress, American Journal of Applied Sciences, 874-888
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Soffi Widyanesti Priwantoro, Syariful Fahmi, Dwi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.