ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KVISOFT DIPADUKAN DENGAN GEOGEBRA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER

Soffi Widyanesti Priwantoro, Syariful Fahmi, Dwi Astuti

Abstract


Ada beberapa cara agar pembelajaran berkualitas yaitu ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran memiliki peranan penting karena dapat mempemudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang tidak menarik menjadi menarik. Media belajar mandiri pada era kemajuan teknologi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan media berbasis teknologi pada mata kuliah Program linier yang bersifat menarik, efektif, mandiri dan efisien. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Program Linier Semester lima Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mutimedia berbasis kvisoft flipbook maker yang dipadukan dengan Geogebra dibutuhkan sebagai media pembelajaran yang menarik, efektif, mandiri dan efisien dalam meningkatkan pemahaman pada mata kuliah Program Linier


Keywords


kvisoft, program linier, multimedia.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, S. (2014). Pengembangan multimedia macromedia flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal AgriSains, 5(2).

Frangenheim, E, (2005), Reflection on Classroom Thinking Strategies: Practical Strategies to Encourage Thinking in Your Classroom, London: Paul Chapman Publisihing

Gunawan, Dedi, (2010), Modul Pembelajaran Interaktif Elektronik Dasar untuk Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8, Jurnal Komuniti Vol.2 No.1:Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta

Majid, A, (2008), Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nation, I. S.P. & John Macalister, (2010),Language Curriculum Design, NewYork & London : Routledge

Nazeri, (2013), Penggunaan E-Flipbook dalam topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Penggunaan Bentuk dan Teknologi PISMP RBT, Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur

Prastowo, A, (2012), Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta:Diva Press

Prastowo, A, (2013), Pengembangan Bahan Ajar Tematika, Yogyakarta:Diva Press

Ramdania, Diena Randa, (2013), Penggunaan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Bandung :UPI

Sakat, A.A, Mohd. Zin, M.Z., Mohammed, R., Ahmad, A. Ahmad, H.A, and Karno, M.A, 2012. Educational Media Technology in Teaching and Learning Method in Progress, American Journal of Applied Sciences, 874-888




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Soffi Widyanesti Priwantoro, Syariful Fahmi, Dwi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com