ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU DITINJAU DARI COGNITIVE STYLE BERDASARKAN FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Sari Herlina, Agus Dahlia

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mengungkapkan secara mendalam analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa berdasarkan gaya kognitif yaitu gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa matematika semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitiannya adalah lembar tes GEFT dan tes kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes yang terdiri dari tes GEFT dan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan teknik nontes yaitu angket terbuka, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Kemudian Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes GEFT mahasiswa calon guru matematika semester 1 TA. 2017/2018 di Universitas Islam Riau menunjukkan bahwa dari dua Kelas A, terdapat 26 mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD), dan 22 mahasiswa memiliki gaya kognitif Field Independent (FI). Untuk kelas B, terdapat 22 mahasiswa memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) dan 32 mahasiswa memiliki gaya kognitif Field Independent (FI), sedangkan berdasarkan analisis kemampuan berpikir kritis dan gaya kognitif mahasiswa, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent dengan mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Fied Independent.

 



Keywords


Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Dependent, Berpikir kritis matematis.

Full Text:

PDF

References


Altun, A., and Cakan, M.Undergraduate Student’s Academic Achievement, Field Dependent/Independent Cognitive Style and Attitude Toward Computers, 2006, www.ifets.info/journals/91/23.pdf.

Blanton, E.L. 2004. The Influence Of Students’ Cognitive Style On A Standardized Reading Test Administered In Three Different Formats. Online. Tersedia: http://etd.fcla.edu/CF/CFE0000055/Blanton_Elizabeth_L_200405_EdD.pdf. Florida: The University of Central Florida.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: Sn Outline of CriticalThinking Dispositions and Abilities. Online. Tersedia di http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf. Diakses 9-03-2015.

Nugraha, M.G dan Awaliyyah, S. 2016. Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent terhadap penguasaan konsep Fisika Siswa Kelas VII. Tersedia: Http:// snf-

unj.ac.id/index.php/download_file/view/827/191/. Diakses: 21 Maret 2017].

Slavin, R.E. 2006. Educational Physcology, Theory and Practice, Eight Edition. Amerika: Johns Hopkins University.

Ulya, H. 2014. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Witkin et.al. 1979. Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles and Their Educational Implication, New York: American Educational Research Journal.

Witkin, dkk. 1971. A Manual For The Embedded Figure Test. California: Consulting Psychologist Press




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sari Herlina, Agus Dahlia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com