PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT

Rika Melyanti, Rohana Rohana, Ali Syahbana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Adversity Quotient (AQ) siswa secara keseluruhan maupun masing-masing level AQ serta ada atau tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMRI dan konvensional) dengan AQ (Quitters, Campers, Climbers) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan  factorial design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talang Kelapa Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 (Kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.1 (Kelas kontrol) yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test, uji Mann Whitney-U dan analisis deskriptif.  Hasil yang didapat menunjukkan: 1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan AQ siswa secara keseluruhan; 2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan level AQ (Campers, Climbers) siswa. Namun, tidak ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan level AQ Quitters siswa; dan 3) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMRI dan konvensional) dengan AQ (Quitters, Campers, Climbers) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Keywords


Pendekatan PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient

Full Text:

PDF

References


Ayuwanti, I., Tri A.K., & Riyadi. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Group Investigation (GI) Pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) SMP Negeri Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(7) : 694-704.

Bahktiar, H., Usodo, B., & Riyadi. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Problem Posing pada Pokok Bahasan Peluang Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas XI SMK di Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(10) : 1127-1137.

Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Kadir. 2015. Statistik Terapan Konsep: Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Krisiandi. 2016, 15 Desember. Daya Imajinasi Siswa Lemah. Harian Kompas, Hal.11.

Mawaddah, S., & Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal EDU-MAT, 3(2) : 166-175.

Saharah, I.N.M., & Baharuddin P. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Integral Rahmatullah Tolitoli pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3) : 178-192.

Sarbiyono. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2) : 163-173Stoltz, Paul G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidin & Sugiman. 2014. Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar. Jurnal Pythagoras, 9(1) : 99-109.

Yosheva, N., Kamid, & Rusdi, M. 2013. Pengaruh Pendekatan RME dan AQ Terhadap Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Kelas VII SMP. Tekno-Pedagogi, 3(1) : 12-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11117

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan

P-ISSN: 2088-687X / E-ISSN: 2656-7040

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328735393

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.